Kuasai 7 Hal Ini Untuk Mencapai Economic Freedom

Dengan pola keuangan seperti ini, pekerja kelas menengah memiliki ambisi untuk naik level kelas atas yang bahkan sebelum usia tua pun dapat mencapai kebebasan finansial. Agar agar terhindar dari jebakan tersebut, ada beberapa langkah yg harus dilakukan agar secara keuangan kita memiliki kemampuan untuk mengakses taraf kehidupan yang berkualitas hingga sampai pada usia yang tidak pula muda.

Hal ini perlu kamu lakukan, terutama apabila revenue yang diperoleh dari kegiatan tetap kita hanya amat untuk biaya hidup bulanan. Tak ada salahnya buat mencoba bisnis sampingan dan pekerjaan part-time, semua sumber income tersebut akan mempercepat kita dalam membangun ‘sarang telur’ kebebasan finansial yg tadi kita bahas. Ataupun dalam bahasa yang bertambah membumi yaitu suatu kondisi di saat seseorang sanggup duduk-duduk santai di teras rumah tiap pagi serta sore, sementara income cukup terus datang mengalir.

Jakarta, CNBC Indonesia- Mewujudkan cita-cita merdeka finansial tentu tertentu memerlukan cara dan taktik yang tepat, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Menurut perencana Keuangan, Mike Rini, gaya hidup minimal ini akan membantu kita untuk bisa kern mengelola keuangan agar dapat meraih kebebasan finansial, contohnya mengalokasikan uang untuk penanaman. Fokus pengelolaan keuangan ialah prioritas dan pastikan dollar dibelanjakan sesuai prioritas. Menurutnya, yang pertama harus diperhatikan adalah cicilan utang lalu tabungan atau investasi, selanjutnya asuransi dan biaya hidup. Cicilan utang maksimal 35 persen atau 40 persen jika ada cicilan dalam rumah, investasi atau tabungan ten persen, lalu premi asuransi 10 persen dan biaya hidup 50 persen.

Usia diatas 55 tahun dapat digolongkan menjadi usia tidak produktif, dikarenakan kesehatan fisik tidak maksimum lagi sehingga waktu tuk bekerja atau menghasilkan pemasukan dari gaji sangat terbatas. Untuk itu, sedini kelihatannya diupayakan untuk melakukan diversifikasi pemasukan untuk menciptakan arus money flow baru yang bersifat non-gaji seperti dari pemasukan jasa/ fee, margin / bagi hasil usaha, dividen dll. Semakin cepat mencapai persyaratan tiga point di sini., semakin cepat hidup anda mencapai financial freedom. Make more money berarti bahwa seluruh pengeluaran untuk menunjang hidup menghasilkan ditutupi dari pemasukan tanpa harus bekerja tiap hari. Tidak dapat dipungkiri, sumber income lain akan menyediakan pendapatan ekstra untuk mendekatkan kita pada kebebasan kuangan.

Perkembangan karier tentu menjadi perkara vital dalam mencapai kebebasan finansial. Karier yang baik tidak hanya memberikan daya pendapatan yang lebih, namun juga meluaskan jejaring relasi Anda sehingga semakin banyak peluang kerja sama yg bisa Anda pilih.

Selain mencatat pemasukan dan pengeluaran, pastikan Anda menyisihkan 30% pendapatan Anda untuk ditabung. Akan lebih baik juga jika Anda bisa menyisihkan 10% lagi dari pendapatan untuk keperluan proteksi lalu investasi. Dengan begitu, Kita akan terhindar dari cara hidup yang boros, memiliki keterjaminan kebutuhan masa tua, serta memiliki aset oleh nilai yang terus bertambah. Akan sulit untuk mencapai kebebasan finansial jika Kamu masih mengandalkan pemasukan pada bulannya untuk memenuhi keperluan hidup.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>